Mengais Rejeki Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online

Mengais Rejeki Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online

Disusun oleh: Yusak Alesandra Tadete

Abstrak 
Karya Ilmiah ini berjudul “Mengais Rejeki Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online”. Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan. Bisnis Online ini sangat mudah di kerjakan, karena hanya dengan computer dan koneksi internet, anda bias menjalankan bisnis ini. Ada berbagai macam bisnis online seperti menjual produk atau keahlian yang dimiliki, menjual produk orang lain, menjual iklan, jual-beli situs, dan jenis bisnis online lainnya. Disini juga akan di jelaskan kendala dalam bisnis online dan solusinya.


Isi

Pengertian Bisnis Online
Bisnis Online adalah suatu kegiatan atau aktifitas yang dilakukan di media internet untuk menghasilkan uang. Seperti halnya sebuah kegiatan bisnis di kehidupan nyata, bisnis online yang di jalankan via Internet ini pun memiliki tujuan yang sama yaitu menghasilkan suatu keuntungan.
Berbagai Macam Bisnis Online
1.     Menjual produk atau keahlian yang dimiliki
Jika anda mempunyai produk atau keahlian tertentu, maka anda bisa menjualnya lewat internet. Caranya bermacam-macam, bisa dengan membuat website sendiri untuk berjualan, promosi, atau pasang iklan di situs-situs tertentu tanpa harus mempunyai situs, dll. Produknya pun bermacam-macam, bisa berupa produk nyata, e-book, voucher, dll.
2.     Menjual produk orang lain (Affiliate Marketing)
Jika anda tidak punya produk atau keahlian yang bisa dijual, maka bisa juga menjual produk orang lain. Tentunya nanti anda akan mendapat komisi dari hasil penjualan tersebut. Contoh yang paling gampang adalah menjual produk dari Amazon.com
3.     Menjual iklan
Penjualan iklan ada bermacam-macam jenis. Bisa berupa memasang iklan ppc(cth: google adsense), space iklan banner, product review, text link, dll. Namun syaratnya harus mempunyai situs atau blog. Situs atau blog pun tidak sembarangan situs atau blog, tetapi harus memiliki 2 poin penting yaitu trafik yang cukup besar, page rank yang tinggi, SEO yang bagus.
4.     Jual-beli situs (Flipping Site)
Untuk terjun di bisnis ini memang setidaknya harus mempunyai keahlian dan feeling yang bagus mengenai situs mana yang layak dibeli untuk dijual lagi atau tidak. Serta keahlian untuk memperbaiki situs tersebut agar pada saat dijual memiliki nilai lebih dari sebelumnya.
5.     Jenis bisnis online lainnya
·         PTC (Paid to Click = dengan meng-klik iklan maka anda akan mendapat bayaran)
·         PTS (Paid to Search = dengan melakukan search data maka anda akan mendapat bayaran)
·         PTR (Paid to Review = dengan melakukan review atau ulasan tentang suatu produk maka anda dapat bayaran)
·         PTP (Paid to Post = join di forum lalu anda posting atau kirim pendapat disana maka anda akan mendapat bayaran)

Kendala Bisnis Online dan Solusinya
1.                Banyaknya kasus penipuan di dunia maya, tentunya akan membuat kepercayaan konsumen dalam bisnis online menjadi sangtlah kurang. Penipuan yang sering terjadi pembayaran akan produk yang ingin dibeli oleh si konsumen sudah dikirim, namun barang atau produknya tidak dikirimkan sehingga tidak diterima oleh si konsumen, atau juga kualitas produk tidak sesuai dengan produk yang ditampilkan di situsnya. hal inilah yang bisa membuat kecewa dari konsumen yang membeli produk secara online, dan akirnya banyak juga konsumen menghindari transaksi secara online, dan mereka lebih sering bertransaksi secara offline karena dirasa lebih aman  dan juga bisa memegang langsung produk yang akan dibelinya.

Untuk Solusinya: Dalam meyakinkan sikonsumen, Berikanlah adanya contac person serta alamat lengkap yang dapat dihubungi oleh si konsumen bisa melalui chatting, telepon atau juga sms. Kemudian harus menjaga kualitas produk yang ditawarkan, lengkapilah dengan adanya gambar beserta keterangan pendukung akan produk tersebut. Misalkan saja seperti bahan akan produk, ukuran, tipe produk, dll, sehingga konsumen dapat tau akan info produknya secara detail.

2.                Persaingan akan bisnis online di internet sudah sangatlah tinggi dan semakin ketat. Kemajuan akan teknologi saat ini, membuat semakin banyak orang memasarkan akan produk bisnisnya melalui media online internet. jadi secara otomatis persaingan online pun semakin sangatlah ketat, seperti halnya bisnis toko online, reseller akan produk, affiliate yang sudah banyak sekali dijalankan oleh ribuan orang di berbagi dalam ataupun luar negara.

Untuk Solusinya: Akan lebih baiknya menawarkan sebuah produk yang memiliki nilai keunikan tersendiri, sehingga tingkat persainganya tidak terlalu tinggi. Kemudian lakukan dukungan melalui sebuah promosi bisnis seperti halnya optimasi seo, Menyediakan atau memberikan konten geratis kepada konsumen, Memasang iklan/banner disitus web yang sudah terkenal, bergabung di situs forum akan bisnis online, serta bisa juga melakukan penawaran secara offline, sehingga bisnis anda bisa semakin populer dan banyak dikenal oleh semua kalangan masyarakat.

3.                Kendala akan terbatasnya koneksi akan internet. Bisa dikatakan tidak ada masalah bagi para pelaku bisnis yang tinggal didaerah kota-kota besar, tapi bisa menjadi masalh bagi para pelaku bisnis yang tinggal di daerah penggiran atao pelosok kota. koneksi internet masihlah sangat terbatas sekali.

Untuk Solusinya: Anda bisa memanfaatkan sebuah modem internet yang saat ini sudah banyak diproduksi oleh para provider komunikasi. Tentukan modem yang memiliki sinyal paling kuat didaerah anda, sehingga tidak menghambat adanya koneksi internet. Kemudian untuk masalah biaya, jangan terlalu kawatir, karena saat ini biaya akan berlangganan koneksi internet sudah sangatlah terjangkau.

4.                Adanya keterbatasan akan pengetahuan mengenai bisnis online. Banyak sekali orang yang ikut-ikutan menjalankan sebuah bisnis affiliate atau juga membuka sebuah toko online, namun mereka kurang sekali pengetahuan apa yang harus dilakukan untuk menunjang kesuksesan akan bisnisnya. Sehingga bisnis online yang mereka jalankan tidak bisa berjalan dengan optimal

Untuk Solusinya: Dalam kerangka menambah pengetahuan akan bisnis online, sebaiknya anda belajar dari buku tentang bisnis online yang sudah banyak beredar dipasaran. Atau anda juga bisa mencari akan panduan serta mengikuti kursus online yang sudah banyak ditawarkan oleh pakar bisnis online dan pakar internet marketing online

Referensi

http://www.ori-ind.com/2014/01/kendala-dalam-berbisnis-online-beserta.html

0 Response to "Mengais Rejeki Di Dunia Maya Melalui Bisnis Online"

Posting Komentar

wdcfawqafwef