Formasi Dalam Futsal

Futsal adalah olahraga yang sama dengan sepakbola dalam hal dasar permainan. Futsal dan Sepakbola berbeda dari segi peraturan, lapangan yang di pakai, serta jumlah pemain. Namun, orang-orang lebih memilih bermain futsal di banding dengan sepakbola, masing-masing memiliki alasan yang beragam, dan mayoritas memiliki alasan yaitu masalah lapangan. Di kota besar khususnya lapangan sepakbola susah di temui, tetapi lapangan futsal ada dimana-mana. 

Dalam bermain futsal, kekompakkan dan kolektivitas adalah hal yang penting, Strategi dan formasi yang pas dapat membantu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut adalah beberapa formasi yang ada di futsal.

1. Formasi 2-2
Formasi ini di bagi menjadi 2 baris, yaitu 2 pemain di baris depan dan 2 pemain di baris belakang. Formasi ini tidak menguras banyak tenaga karena pemain di lapangan dapat berotasi selama pertandingan, pemain depan dapat bertahan jika di butuhkan dengan berotasi dengan pemain belakang. Begitu juga sebaliknya. Dalam pemilihan pemain, sebaiknya pemain depan memiliki teknik passing dan finishing yang baik, dan untuk pemain belakang pilih pemain yang memiliki kemampuan antisipasi dan dapat membaca serangan balik.

2. Formasi 3-1 
Formasi ini juga membagi empat pemain menjadi dua baris. Tiga pemain di baris depan, dan satu pemain di depan. Seorang pemain didepan harus terus bergerak mencari ruang untuk mengalihkan perhatian sekaligus membuka pertahanan lawan. Sedangkan tiga pemain di belakang terus menciptakan peluang untuk menembus pertahanan lawan. Untuk memainkan formasi ini dibutuhkan pemain depan yang lihai dalam pergerkan tanpa bola, serta pemain-pemain dengan skill yang baik di barisan belakang. Dalam permainan, biasanya formasi ini dapat berkembang menjadi formasi 1-2-1 secara fleksibel. 

3. Formasi 1-3
Inti dari formasi ini adalah Total Attack. Tiga pemain di depan melakukan variasi serangan secara terus menerus. Sementara satu pemain tersisa dibelakang harus cepat mengantisipasi datangnya Serangan dengan menyapu bersih bola. Agar strategi berjalan lancar, diprlukan pemain-pemain depan yang memiliki kemampuan menjaga bola dan pemain belakang yang cermat dan taktis. Sesekali pemain belakang dapat melakukan tendangan jarak jauh sebagai unsur kejutan.
4. Formasi 1-2-1
Formasi ini memberikan pemain banyak pilihan untuk mengumpan, sehingga menjadikan variasi serangan yang sangat beragam. Formasi ini juga memudahkan pemain dalam melakukan rotasi posisi. Semua pemain mempunyai kesempatan yang sama untuk mengisi posisi depan, tengah, ataupun belakangan. Namun, untuk menjalankan formasi ini dibutuhkan stamina yang prima, karena pemain harus terus bergerak untuk mengisi ruang yang ditinggalkan pemain lainnya.

Diatas tadi adalah beberapa formasi dalam futsal. Sebenarnya masih banyak formasi dalam futsal namun yang ane bahas yang menurut ane paling efektif dalam bertahan maupun menyerang, dan ada sedikit tips, yaitu
  • Kerja sama tim adalah faktor terpenting dalam permainan futsal, selain dapat menutupi kekurangan skill pemain, juga dapat meminimalisasi pergerakan sia-sia yang hanya akan menguras fisik.
  • Diperlukan pengertian antar pemain untuk menciptakan variasi pergerakan pemain.
  • Latihan game secara rutin dapat menumbuhkan rasa saling pengertian antara pemain
Sekian post ane selamat bermain futsal.

0 Response to "Formasi Dalam Futsal"

Posting Komentar

wdcfawqafwef