Alasan Mengapa Modem Cepat Panas dan Cara Mencegahnya

Kali ini ane akan ngepost kenapa modem usb yang kita gunakan sering cepat panas. Setelah ane browsing-browsing gak jelas di mbah google, ane nemuin di kaskus mengapa modem usb kita cepat panas dan cara mencegahnya. Sbab ada pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Betul?? Oke ini ada beberapa alasan modem cepat panas dan cara mencegahnya:

Penyebab Modem Cepat Panas: 
1. Penyebab modem cepat panas yang pertama
Penggunaan Modem - Jika modem kamu hanya digunakan buat browsing, saya yakin modem kamu tidak akan cepat panas. Tapi lain halnya jika modem kamu buat streaming, browsing, chating, download, upload, saya jamin modem kamu akan cepat panas.
Jadi penggunaan modem sangat berpengaruh pada panas modem, semakin banyak data masuk dan keluar, maka modem kamu akan cepat panas, tapi jika aktifitas keluar masuknya data dalam jumlah kecil, maka modem kamu tidak akan cepat panas. Nah itu yang pertama, kita lanjut yang kedua.

2. Penyebab modem cepat panas kedua
Bahan Material Pembuatan Modem - Setelah studi kasus beberapa modem, ternyata bahan plastik yang digunakan untuk kesing modem mempengaruhi panas modem, karena tidak semua plastik yang digunakan kesing modem bisa cepat menguraikan panas. Bahan plastik yang digunakan modem, jika lama lama menguraikan panas, maka modem cepat panas.

3. Penyebab modem cepat panas ketiga
Suhu - Suhu juga mempengaruhi panas modem, jika suhu sekitar modem dingin, maka modem tidak akan cepat panas. Oleh karena itu, jaga kestabilan suhu agar modem tidak cepat panas.

4. Sinyal yang lemah
Yang sering ane alami, kalo misalnya ane on ditempat yang sinyalnya kecil, modem sering cepat panas. Mungkin karena cara kerja yang berlebih membuat modem cepat panas.

Cara Mencegahnya:
Cara Pertama:
Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan adalah

  • Fan cooler untuk prosessor komputer ( boleh Pentium 3 atau Pentium 4 bekas)
  • Kabel USB / mini USB ( yang dibutuhkan konektor male-nya ). harga berkisar antara 5-15 ribu, atau bekas saja.
  • Siapkan juga karet gelang, isolasi listrik, cutter dan gunting.
Caranya :
A. Potong kabel USB / mini USB sesuai kebutuhan. Lalu sambungkan kabel pada fan cooler prosessor ke kabel USB dengan cara :
  1. Sambungkanlah kabel warna kuning fan cooler dengan kabel warna merah USB
  2. Sambungkanlah kabel warna hitam fan cooler dengan kabel warna hitam USB
  3. Kabel yang lain tidak kita pakai, cukup dua kabel itu saja
  4. Isolasi masing-masing sambungan dengan rapi agar terhindar dari hubungan pendek atau korsleting dengan kabel yang lain.


B. Siapkanlah dua buah heatsink, salah satunya ada fan cooler yang tadi kita buat sambungan kabel USB seperti cara 2, modem dan karet gelang.
C. Silakan tumpuk 2 heatsink dengan posisi yang berfan cooler berada diatas kemudian masukkan modem diantara dua heatsink tadi lalu ikatlah menggunakan karet gelang.


D. Silahkan Dicoba



Cara KeduaBahan-bahan yang diperlukan:
  • Plastik bening 6 buah (Lebih bagus yang tebal
  • Air dingin 
Cara nya:
  1. Siapkan paling tidak 6 buah plastik bening, kalau ada yang tebal lebih baik, yang biasa juga tidak apa-apa.
  2. Isikanlah air secukupnya dalam plastic tersebut. Gunakan 2 buah plastik untuk dimasukan air masing-masing. Airnya tidak usah banyak-banyak, cukup setengah saja, dan usahakan agar tidak ada udara di dalam plastik tersebut 
  3. Sisa plastik yang lainnya dapat digunakan untuk membungkus plastik yang sudah berisi air sebelumnya agar lapisannya menjadi lebih tebal. 
  4. Selanjutnya, gunakanlah kabel usb perpanjangan untuk dapat menaruh modem sahabat secara bebas. Lalu modem tersebut dapat sahabat letakkan diatas plastic yang berisi air tersebut. 
  5. Jika air pada plastik tersebut sudah menjadi hangat, dapat diganti menggunakan plastik berisi air selanjutnya.Dijamin modem anda akan terhilang dari penyakit panas dan sehat kembali

Demikian beberapa alasan mengapa modem cepat panas dan cara mencegahnya. Semoga post ane kali ini bermanfaat.

0 Response to "Alasan Mengapa Modem Cepat Panas dan Cara Mencegahnya"

Posting Komentar

wdcfawqafwef